Rabu, 30 Januari 2013

ALI BIN RABBAN AL-TABARI ( yang menghasilkan ensiklopedia kedokteran pertama)


ABU AL-HASAN ALI BIN SAHL RABBAN AL-TABARI (838-c c. 870 CE.),
Dokter sarjana Persia (a hakim), yang menghasilkan ensiklopedia kedokteran pertama (sumber: http://www.trueknowledge.com/q/facts_about__ali_ibn_sahl_rabban_al-tabari)
Abu al-Hasan Ali bin Sahl Rabban al-Tabari (c.  838 – 870 CE c.) adalah muslim Persia hakim, sarjana dokter, psikolog Islam dan keturunan Kristen atau Zoroaster, yang menghasilkan ensiklopedia kedokteran pertama. Dia adalah pelopor pediatri  dan bidang perkembangan anak. Perawakan Nya,  Namun, dikalahkan oleh  muridnya lebih terkenal, Muhammad bin Zakaria ar-Razi (“Rhazes”).
Abu al-Hasan Ali bin Sahl Rabban al-Tabari (838 ca.  – ca 870) adalah seorang dokter Persia dan sarjana yang menulis ensiklopedia kedokteran pertama. Mahasiswa yang terkenal, Muhammad Ibnu Zakaria Abu Bakar al-Razi telah  hilang cahayanya ketenarannya. Ali berasal dari keluarga Yahudi penting.  Ayahnya ibn Bisyr bin Saul adalah seorang astronom dan astrolog  dari Merv di Tabaristan (maka al-Tabari  – di Tabaristan).  Ali masuk Islam dalam pelayanan Khalifah Abbasiyah Al-Mutasim (833-842), yang menunjuk dia untuk pengadilan. Bahkan  penggantinya al-Mutawakkil (847-861) dipertahankan dia dalam pelayanan-Nya. Ali bin Sahal menguasai Syria dan Yunani, dua sumber untuk tradisi pengobatan kuno yang hilang di Eropa abad pertengahan, dan menulis ayat-ayat dalam tulisan kaligrafi yang indah.
Ali datang  dari keluarga Syria terkenal Merv tapi pindah ke Tabaristan (maka al-Tabari – “dari  Tabaristan”) tetapi menjadi mengkonversi Islam di bawah Khalifah Al-Mu’tasim Abbassid  (833-842), yang membawanya ke layanan  pengadilan, di mana ia terus di bawah Al-Mutawakkil  (847-861). Ayahnya  Sahal bin Bisyr adalah seorang pejabat negara, yang berpendidikan tinggi dan anggota dihormati masyarakat  Syria. Ali bin Sahl fasih  dalam bahasa Syria dan Yunani, dua sumber  untuk tradisi pengobatan  kuno, dan  berpengalaman dalam kaligrafi  baik.
( sumber: http://dbpedia.org/page/Ali_ibn_Sahl_Rabban_al-Tabari )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nrelate