Senin, 04 Maret 2013

Bila Terlanjur Berhutang

Bila Terlanjur Berhutang


Lupakan nasehat tentang utang baik dan utang buruk. Semua utang itu buruk. mari terbebas dengan hutang,

Rasulullah -shollallohu ‘alaihi wa sallam- bersabda, “Barangsiapa yang mati dalam keadaan masih memiliki hutang satu dinar atau satu dirham, maka hutang tersebut akan dilunasi dengan kebaikannya (di hari kiamat nanti) karena di sana (di akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (Riwayat Ibnu Majah)

bila terlanjur banyak hutang berikut cara dan langkahnya:
  • Pertama, adalah kurangi utangnya, jangan berhutang lagi, gunting kartu kredit Anda.
  • Langkah kedua, rencanakan untuk tambah penghasilan, pilih usaha jasa yang resiko dan modal sedikit.
  • Jangan menyelesaikan hutang dengan hutang lainnya.
  • Prioritaskan pembayaran.
  • Berdoa sungguh-sungguh agar terbebas dari jeratan hutang.

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahuma inni a’udzubika minal hammi wal hazani wa a’udzubika minal ajzi wal kasali wa a’udzubika min ghalabatid dayni wa qahrir rijaali.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan dan kesedihan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kebakhilan dan sifat pengecut. Dan aku berlindung kepada-Mu dari terjerat hutang dan ketertindasan.” (Riwayat Abu Dawud).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) telah mengajarkan doa ini kepada seorang sahabat bernama Abu Umamah yang sedang terjerat hutang, agar doa ini dibaca setiap pagi dan sore. Setelah melakukan apa yang diajarkan beliau, Abu Umamah terbebas dari hutang yang melilitnya. (Al Adzkar, hal. 158).

*di baca pagi dan petang abis sholat subuh dan ashar .


Alhamdulillah banyak yang mengamalkan langkah2 diatas dan sudah terbebas dari hutang

 by Cheriatna BDR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

nrelate